Rabu, 27 April 2011

Tata Krama _Posisi berjalan_



Sejak TPB saya memperhatikan hal yang satu itu, Posisi berjalan seseorang saat ia berjalan dengan orang lain. Orang lain disini lebih terkhusus pada mereka yang lebih muda (Jalan bersama kakak dengan adik, atau orang yang lebih tua dengan orang yang lebih muda), serta Jalan barengnya antara laki-laki dan perempuan. Ini terlepas dari aturan dalam agama (walaupun memang kita tak boleh melepaskan kehidupan kita seperseribu detikpun dengan agama). Maksud saya, ini gak ada hubungannya dengan aturan tersebut, hanya tentang Tata Krama saat berjalan dengan orang lain (cz saya pernah belajar ini di SMP).

Jadi, posisi berjalan disini adalah posisi melindungi orang yang sedang berjalan dengan kita. Saya dengan adik, dengan ibu, dengan teman-teman, dengan orang yang lebih muda, dll, terutama saat laki-laki berjalan dengan temannya (perempuan).

Posisi melindungi (bukan apa-apa, hanya saya sedang berbicara tentang sebuah Tata Krama yang pernah saya pelajari di SMP, yang pada kenyataannya kini hal itu telah terlupakan. Entah karena mereka lupa atau tidak belajar tentang ini), jadi posisi melindungi yang saya maksud adalah posisi dimana saat berjalan itu, kita memberi posisi yang lebih aman kepada teman jalan kita...

Posisi tersebut adalah, Berada di sebelah kanan dari teman jalan kita (kebayang gak??)
Bukan membahayakan diri sendiri, tapi kita berusaha untuk membuat teman jalan kita menjadi lebih aman (jadi kalo ada apa2 kita dulu yang kena. Lhoooo)... hahaha
Ini berlaku saat kita berjalan di sisi jalan raya, gang yang angkot pun muat... dst...


You know lah maksudku.......

2 komentar:

Si Jejes mengatakan...

hmm, iya ya uda nggak mikir sampe situ :)

PIKADITA mengatakan...

kalau itu ayahku selalu ngamuk2 kalau ada orang tua ngajak anaknya yg kecil mungil jalan di pinggir jalan, dan anaknya yg di sebelah kanannya,, orang tua macam apa itu,, begitu kata beliau, ahahha

Posting Komentar