Minggu, 05 Juni 2011

Mengeluh


"jangan mengeluh, tidak baik untuk psikologis Anda"

Seberapa sering anda menngeluh?
Kenapa anda mengeluh?

"Sial, macet lagi"
"aje gile, tugasnya banyak amiiirrrr"
"Ampun dha,ampun"
"haduh, q bingung"
"huft, q pengen rehat bentar, kenapa ni semua gak kelar-kelar yak?"
"haduuuhhhhh, maleeesss"
dan lain sebagainya.

Mengeluh, apa sih ari kata mengeluh?
Mengeluh [menurut KBBI], mengeluh adalah menyatakan susah (krn penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dsb).

Mengeluh, sangat berefek pada kesehatan dan psikologis. Anda akan stress, pikiran kacau, tidak fokus, gelisah, denyut jantung naik, dan bisa memicu penyakit-penyakit seperti sakit kepala, exim, terutama sakit kepala.
Saya alami sendiri [curcol???], Ketika mengeluh, bukan energi positive yang keluar. Justru sebaliknya, energo-energi negative yang akan keluar dan tentu saja energi tubuh kita akan habis karenanya [bahasa kerennya, ATP menghilang]. Ketika anda mengeluh, otak akan menjadi stress, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan energi yang ditransfer ke otak, dan pada akhirnya energi untuk aktifitas lainnya keburu habis. Tubuh menjadi lemas, dan kekebalan tubuh akan menurun. Bahaya ketika ini tidak segera diatasi,

Coba bandingkan, mana yang lebih anda suka, bergaul dengan orang yang ceria atau orang yang suka curhat [mengeluh]? mungkin anda akan merasa lebih nyaman dengan orang yang selalu ceria, karena ia selalu memunculkan energi positifnya. Begitulah seharusnya Anda. Tidak ada masalah yang tidak ada jalannya. Semua tempat di dunia ada jalan yang menuju ke arahnya, sekalipun hanya jalan setapak.

Seringnya mengeluh, karena kurangnya bersyukur. Anda mengeluh tentang kegiatan seabrek anda saat ini? cobalah lihat mereka yang tidak punya atau sedikit sekali kegiatannya. diantara mereka ada yang tidak "produktif", dan kadang dari mereka berkata, 'wah kamu hebat, kapan ya aku bisa kaya kamu". Tentang kesempatan, tidak semuanya mendapat kesempatan. dan setiap kesempatan mengandung konsekuensi yang menuntut komitmen dan konsistensi. Kesempatan memberikanmu pengalaman untuk bisa merancanng hidup dan mengatasi masalah.

Mulai ambil waktu untuk bersyukur setiap hari. Bersyukurlah atas pekerjaan Anda, kesehatan Anda, keluarga Anda atau apapun yang dapat Anda syukuri. Bersyukurlah lebih banyak dan percayalah hidup Anda akan lebih mudah dan keberuntungan senantiasa selalu bersama Anda, karena Anda dapat melihat hal-hal yang selama ini mungkin luput dari pandangan Anda karena Anda terlalu sibuk mengeluh.

Jangan mengeluh bila Anda menghadapi kesulitan tetapi lakukanlah hal berikut ini. Tutuplah mata Anda, tarik nafas panjang, tahan sebentar dan kemudian hembuskan pelan-pelan dari mulut Anda, buka mata Anda, tersenyumlah dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti Anda akan bersyukur atas semua yang terjadi pada saat ini.

Biasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh bila Anda sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh, coba beri tanggapan yang positif atau tidak sama sekali. Selalu berpikir positif dan kembangkan sikap penuh syukur lalu lihatlah perubahan dalam hidup Anda.


Just for Share
[beberapa dari sumber2 yang saya lupa namanya]

0 komentar:

Posting Komentar