Kamis, 23 Juni 2011

I said, "Gambaru"



Gambaru=semangat

Semangat.semangat.semangat

Menurut pengamatan beberapa temanku, kata yang kerpa kali diucapka itu (semangat.red) memiliki dua arti (ambiguitas). Ya, ini berdasarkan pengalaman teman-temanku saat mereka diberi kata "semangat" oleh temannya yang lain.

Chekidoott

1st. Seperti harfiahnya, arti katanya, kata "Semangat" memberikan arti dukungan moril terhadap orang lain ketika mereka sedang mengerjakan sesuatu, riweuh sendiri, deadline, banyak tugas, banyak PR, laporan, progress report, dan lain-lain yang membuta kita panik, merasa gak sanggup, capek, lelah, lesu, emosi, kesal, dan lain sebagainya.

Dengan ucapan "semangat" ini, kita berharap orang yang kita beri semangat itu menjadi berpositif thinking bahwa dia pasti bisa melewatinya dengan baik. Ya, arti seperti inilah yang kita anut selama ini.

2nd. Dari pembicaraan ringan di kantin setelah ujian. Dari perasaan seseorang yang ketika diberi kata "semangat".
X : "tu semangat punya 2 arti, yang artinya mendukung, dan arti kedua adalah mengejek"

sedikit gak paham. tapi ya itu lah.

dan, aku sendiri juga pernah saking suntuknya, ada teman berkata "semangat". kataku, "jangan kasih aku kata semangat, gak ngefek". hahaha
*tapi aku sering bilang "semangat" ke orang-orang.

Apapun artinya itu, tetap dijalani dengan "semangat" saja. Harus positive thinking dan yakin kalau bisa dilewati.

He's never far away.
Ada Allah disisi kita, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita.

Biarlah yang lain gak ada di sisi kita saat kita butuh bantuan secara moril, atau kita sedang sedeng, sedang riweuh, banyak kerjaan, dan lainnya. Biarlah rasa sendiri itu jadi stimulan buat tetap kuat dan percaya bahwa kita bisa melakukannya sendiri. dan Keyakina kita semakin kuat kalau Allah selalu di sisi kita untuk membantu kita. Tiadalah tempat mengadu dan meminta pertolongan paling baik, selain kepadaNya.

Okay kawan,
tetap "semangat", gambaru, keep spirit, cheers up, never give up, never to sigh, cemungudh,

Ucapkan istighfar saat kau mau mengeluh dan merasa semua jauh dari semuanya.
dan sedetik setelahnya, ucapkan Basmallah, dan mulailah melaju kembali.

Keep Smile, Cem.

2 komentar:

Aldian Farabi mengatakan...

Gambaru itu bukan semangat.
haha

Banyak kata dalam bahasa Jepang memiliki makna filosofis yang sarat arti. Kayak, "Itadakimas" sebenarnya artinya bukan "selamat makan". Tapi lebih kearah doa, rasa syukur terhadap semua orang yang berperan sehingga makanan itu ada, dan mereka meyakini sangat sulit untuk dilist satu persatu.

Sama halnya dengan gambaru, arti harfiahnya bukan semangat. Tapi lebih kearah, "Berjuanglah, meski kamu harus mati!" Sama nggak sama semangat? Lebih, itu lebih dari kata semangat.

Miracle mengatakan...

Huh,

salah mulu nih kayanya.
OK lah, never mind. thanks Malah,

Tapi artinya, paling gak, minimal banget, Semangat lah ya.

Posting Komentar